Untaian kata sepanjang
cita-cita rentangan makna
menjalin dunia pembimbing
putra-putri semua bangsa bersama kita meninggikan harkatnya

Pelatihan Mendongeng bagi Siswa-siswi SMP Ibnu Sina

Atas undangan SMP Ibnu Sina, hari Senin 26 Agustus 2013 lalu, tim KPBA datang mengunjungi sekolah di kawasan Pondok Pucung, Tangerang Selatan ini.  Tim KPBA yang diwakili oleh Dina dan Tetty bukan hanya untuk memberikan pelatihan kepada anak-anak yang akan mengikuti lomba mendongeng pada akhir tahun nanti. Namun, sekaligus menyerahkan paket sumbangan buku dari KPBA dan Murti Bunanta Foundation.

Pukul 1 siang, acara pun dimulai. Diawali dengan serah terima sumbangan buku kepada Ibu Astrida Daulay (Yayasan Maleo, Pembina Sekolah) dan Ibu Sri Tjendani (Kepala Sekolah). Buku-buku yang diberikan adalah paket buku cerita rakyat, novel-novel remaja, dan sebuah buku tentang buku, mendongeng dan minat baca yang dapat dimanfaatkan anak-anak sebagai bahan bacaan bermutu juga sebagai persiapan mendongeng.

 
Sebanyak 59 anak, dari kelas 7-9, duduk rapi di lantai beralaskan tikar menyimak penjelasan dan contoh-contoh dongeng yang diberikan. Meski awalnya tampak malu-malu, tapi mereka mau terlibat dalam cerita-cerita yang dibawakan. Bahkan Ibu Sri, kepala sekolah, juga ikut serta mendongeng.  Dengan gaya jenaka, ibu Sri memerankan udang dalam cerita “Mengapa Tubuh Udang Bengkok”.

 

Anak-anak pun penuh semangat saat mendapat tugas dalam kelompok untuk mempersiapkan dramatisasi berdasarkan buku cerita rakyat terbitan KPBA yang sudah dibagikan kepada mereka.Meski tidak mendapat banyak waktu untuk persiapan, mereka tampil cukup percaya diri dan kreatif dalam memanfaatkan benda-benda di sekitar mereka untuk mendukung pementasan.

 

 


Hasilnya, cerita Masarasenani dan Matahari, Hua Lo Puu, Putri Kemang, Tattadu, dan Putri Mandalika ditampilkan secara segar dengan berbagai improvisasi. Sesekali terdengar gelak tawa yang menambah suasana meriah. Bahkan kepala sekolah menyediakan hadiah untuk kelompok yang tampil dengan baik. Tanpa terasa pelatihan sudah berlangsung 2,5 jam, acara ditutup pk.15.30, diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dan makan sore bersama.